Minggu, 30 Maret 2008

Cara belajar yang baik

Setelah saya pikir-pikir karena semakin dekatnya mid semester dan perlunya tips untuk para pelajar,seperti saya ini juga yang juga pelajar.Maka saya ingin memberikan sedikit tips yang saya baca-baca dari Web ini .
Langsung aja karena emang udah malam.
1. Belajar KelompokBelajar kelompok dapat menjadikan kegiatan belajar lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun baiknya tetep didampingi oleh orang dewasa kayak ortu agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi ketularan pintar. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.
2. Rajin Membuat Catatan Intisari PelajaranBagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil.Tapi Jangan buat Nyerpek loh alias nyontek.
3. Membuat Perencanaan Yang BaikUntuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Oleh karena itu ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Buatlah jadwal belajar yang baik.
4. Disiplin Dalam BelajarApabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-main dengan konsentrasi penuh.Tapi kalo lapar ya makan dan waktu ibadah tetep gunakan ibadah karena ingat kata pepatah meski ilmu setinggi langit tidak beribadah apa gunanya.Kayaknya pantunnya gitu deh :P
5. Menjadi Aktif Bertanya dan DitanyaJika ada hal yang belum jelas, tanya tuh pada guru, teman atau orang tua kagak usah malu-malu kucing.Trus tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita hal-hal yang belum dia pahami. Semakin banyak ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban dan apabila kita juga tidak tahu jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama-sama dengan teman. Selain itu
6. Belajar Dengan Serius dan TekunKetika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian.Jangan lupa habis dicatat jangan dibuat bantal dipelajari loh :P.
7. Hindari Belajar BerlebihanJika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah sistem SKS (sistem kebut semalam) dan juga buat contekan.Jangan deh soalnya ga baik untuk kesehatan tuh.Apalagi buat contekan ampun dah.
8. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan UjianHindari mencontek kalo ketahuan bahaya kalo kagak sih gapapa.Hahahaha2X.Tetep ga boleh kali yah :P .Dah main jujur aja mendidik kita jadi siswa jujur juga tuh

Tidak ada komentar: